SELAMAT DATANG DI BLOG-KU BLOGSPOT.COM "BINATANG PELIHARAAN" OLEH JULIANTI DIRUN DAN DIBANTU BPK DIRUN BIH AHMADI

28/07/12

Resep Daging Kelinci Masak Gulai

Resep masakan gulai daging kelinci
Gulai daging kelinci, sepertinya masakan makanan jenis ini sangat jarang ditemui  di tempat-tempat penyedia / restauran maupun warung makan biasa.
Resep asli gulai daging kelinci sebenarnya tidak ada karena, gulai umumnya adalah terbuat dari daging kambing dan itu ibarat sudah menjadi ikonnya daging kambing.
Tetapi dengan utak atik resep, para ahli kuliner menemukan resep yang tepat perpaduannya untuk menyajikan masakan gulai kelinci yang sangat tinggi cita rasanya. Mari kita mencoba untuk memasak resep ini untuk hidangan di rumah.

Resep gulai daging kelinci
Bahan - bahan dan bumbu - bumbu yang dibutuhkan antara lain sbb:

  • Daging kelinci segar 250 gr
  • Santan dari satu butir kelapa yang tua [kurang lebih 1,2 ltr]
  • Bawang merah , bawang putih, ketumbar, kemiri, lada, kunyit, jinten, garam.
  • Lengkuas, cengkih, daun jeruk, daun salam daun kunyit dan sereh.
  • Minyak sayur untuk menumis bumbu.
Cara menyajikan resep gulai daging kelinci
Bersihkan daging kelinci dan rebus dalam wadah hingga empuk dan angkat dan potong sesuai selera [kaldu jangan dibuang], kelapa setelah di parut diuleni untuk membuat santan dan sambil menghaluskan bumbu - bumbu seperti, bawang merah, bawang putih, ketumbar, lada, garam, kunyit, lengkuas, setelah halus segera panaskan minyak sayur dan tumis hingga harum aromanya.
Masukan daging kelinci yang sudah direbus kedalam bumbu tumis, aduk rata, masukan daun salam, daun jeruk, cengkih, sereh yang sudah dimemarkan terlebih dulu dan diamkan sesaat. 
Masukan kaldu daging kelinci, aduk - aduk dan biarkan mendidih, kemudian masukan santan kental kedalam masakan, aduk - aduk terus hingga mendidih, tambahkan gula merah secukupnya dan aduk terus sampai yakin santan sudah mendidih. Rasakan aroma gulai yang sebenarnya ketika masakan mendidih, jika sukses memasak akan tercium aroma daun kunyit yang dominan.
Selamat mencoba.
Berikutnya kita akan membahas tentang beternak kelinci, karena dari kemarin dimasak terus lama - lama nanti habis dan tidak lagi ada yang dimasak. Klick di sini untuk mengikuti!!!

2 komentar:

obat pembesar payudara herbal mengatakan...

thnks infonya.

Julianti Dirun mengatakan...

Terima kasih kembali, semoga ada manfaat setelah mencoba resepnya, amiin.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN-NYA DAN SEMOGA BERKENAN UNTUK KEMBALI LAGI. SALAM DARI-KU, JULIANTI DIRUN
Dhi_Jhe@2012 [binatang peliharaan]